Cegah Corona, Perhimpunan Alumni Jerman Sumbang APD Kesehatan ke Polres Metro Depok

Rabu, 15 April 2020

lampuhijau.co.id - Dalam rangka mencegah menyebarnya virus Corona, Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) yang ada di Indonesia memproduksi alat pelindung diri (APD) kesehatan (face shield) berkualitas. APD kesehatan (face shield) berkualitas dan kuat itu disumbangkan ke Polres Metro Depok. Demikian diungkapkan Ketua Umum PAJ Osco Olfriady Letunggamu, M. Sc.

Ujar Osco, APD kesehatan pelindung wajah (face shield) ini sengaja diproduksi oleh para alumni Jerman. "Dan face shield ini memang berbeda dengan yang biasa ditemui di pasaran. Busanya keras berwarna hitam sangat washable/bisa dicuci sampai karet pengeratnya, diperhitungkan dengan baik dan akurat dalam produksinya sehingga alat ini dapat tahan lama dipakai," jelasnya usai melakukan kunjungan ke Polres Metro Depok, Rabu pagi (15/4/2020).

Osco menyampaikan bahwa semua produk material berasal dari bahan lokal. "Memang pembuatannya dikonsentrasikan pada busa keras dan setiap sambungannya kokoh, tapi tetap ringan dan tidak berat ketika dipakai," lanjutnya.

Pada awalnya, kata Osco, pihaknya berusaha untuk mencari APD seperti masker dan baju hazmat. "Tetapi, selain susah ditemukan, barang tersebut harganya pun jika ada sudah sangat mahal. Jadi teman-teman pun berinisiatif membuatnya sendiri," Osco menerangkan.

Ketika diperlihatkan dan dicoba, sambung Osco, teman-teman kepolisian terutama kapolres sangat antusias. "Beliau (Kapolres) dan jajarannya, antusiasmenya sangat tinggi terhadap face shield yang kami sumbangkan," ucap Osco.

Alat tersebut pun langsung digunakan oleh Kapolres dan anggota lainnya. Dalam kesempatan itu, Kapolres menyampaikan, alat ini sangat bagus untuk digunakan oleh anggota ketika berpatroli dan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk jaga jarak sehingga penyebaran virus corona atau covid-19 ini dapat berakhir.

Wakil Ketua Umum PAJ Meidy Juniarto, S. H. pada awak media, Rabu, 15 April 2020, di Depok mengatakan, kunjungan dilakukan jajarannya dan disambut langsung Kapolres Metro Kota Depok Kombes. Pol. Azis Andriansyah, S.H., S.I K., M.Hum. Kapolres menerima kunjungan Ketua Umum PAJ Osco Olfriady Letunggamu, M.Sc., Wakil Ketua Umum PAJ (Dr. Chem. Pintor Marpaung dan Meidy Juniarto, S. H.), Sekjen PAJ (Dedi Mulyono) serta Imelda Caroline Sekeon, pada Rabu pagi (15/4/2020), di Kantor Polres Metro Kota Depok.

Meidy mengatakan, tiba pukul 08:30 WIB, Ketum Osco dan jajaran pimpinan PAJ datang tepat waktu ketika kapolres selesai melaksanakan kegiatan apel pagi.

"Kedatangan Ketua Umum PAJ ini sekaligus membawa sumbangan Alat Pelindung Diri (APD) Kesehatan atau Face Shield (pelindung wajah) untuk melindungi area wajah, terutama mata, hidung dan mulut dari percikan ludah/droplet maupun batuk dari lawan bicara dan juga orang sekitar," cetusnya.

Dijelaskan Meidy, APD kesehatan ini sengaja diproduksi dan disumbangkan ke jajaran Polres Metro Depok guna mencegah wabah virus corona. "Mudah-mudahan, ini bisa bermanfaat untuk jajaran Polres Metro Depok karena mereka ada di garda terdepan melayani masyarakat dalam menegakkan hukum khususnya selama wabah corona ini," tegasnya.

Wakil Ketua Umum PAJ Dr. Chem. Pintor Marpaung menambahkan, sumbangan APD kesehatan ini diharapkan dapat membantu anggota Polres Metro Kota Depok dalam menjalankan tugas selama musim corona.

"Kami juga berharap, pentingnya kesadaran masyarakat dalam ikut berperan aktif menjaga lingkungan dan kesehatan masing-masing pribadi," ucap Pintor.

Kombes Pol. Azis pun menyampaikan terima kasih atas atensi dari para alumni Jerman. Kapolres sangat senang bahwa kesadaran dalam memerangi virus ini menggerakan kreativitas yang menghasilkan produk APD yang bagus dan bermanfaat.

Sebelum ke Polres Metro Kota Depok, Osco sudah menyumbangkan APD kesehatan ke beberapa rumah sakit seperti RS Columbia di Pulomas dan beberapa ruma sakit di Papua dan Papua Barat, melalui koordinator alumni Jerman PAJ Wilayah Papua dan Papua Barat, Dr. Edmond Analau.

Osco menegaskan, bantuan APD kesehatan kepada rumah sakit-rumah sakit di Indonesia ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) terhadap petugas medis, penegak hukum yang menjadi garda terdepan, dan para korban yang terkena virus corona. (AGS)

Sumber